19 February 2015

Oh! Ternyata ini asal-usul Nama Ping

Anak jaringan pasti tau program brnama ping.

Program sederhana yang digunakan untuk mendiagnosis atau menguji coba koneksi jaringan.

Tapi, taukah anda dari mana nama ping berasal?



Bertahun-tahun saya belajar TKJ, tidak pernah terpikirkan untuk mencari misteri di balik nama ping.

Akhirnya, di sebuah buku yang saya pinjam dari perpustakaan berjudul "Pratical TCP/IP di Linux dan Windows" mengungkap misteri ini.

Buku terjemahan karya Niall Mansfield ini, sangat bagus untuk dibaca oleh anak jaringan.

Buku yang saya baca ini adalah jilid 1. Di halaman 56 diceritakan asal-muasal nama ping.

Berikut ini saya kutip dua paragraf yang menjelaskannya.
Program ping mengirim sebuah paket khusus dari mesin saya ke mesin Anda. Jika mesin Anda terkoneksi ke jaringan dan menerima paket, maka ia mengirim sebuah jawaban yang mengatakan bahwa Anda hidup. Hal ini sering digunakan untuk memeriksa apakah sebuah mesin hidup, atau hanya untuk membangkitkan traffic tes antara dua mesin. 
Ping mendapatkan namanya melalui analogi dengan sonar, di mana sebuah kapal selam mengirim pulsa-pulsa pendek suara. Pulsa echo kembali dari kapal selam lain dan membuat noise ping pada detektor kapal selam pertama, menandakan adanya kapal selam lain.
Jadi, nama ping didapatkan dari kapal selam.

Coba dibayangkan, bagaiaman ya bunyinya detektor kapal selam itu?

mungkin seperti ini: "ping ping ping ping ping ping ping ping ping ping ping ping ping ping..."

Cukup dibayangkan, jangan dipragakan. 😂