06 June 2015

Memperbaiki Laptop HP: COOLING FAN (902) ERROR

Ada laptop (HP Mini) milik rekan bapak saya, setiap kali dihidupkan muncul pesan "COOLING FAN (902) ERROR".

Saya coba masuk ke BIOS, tapi tidak bisa.

Akhirnya saya membongkarnya.

Menurut pendapat saya, mungkin battray CMOS-nya perlu di cabut suapaya BIOS-nya di-reset.

Setelah membongkar dan mencabut batrey CMOS, mesih saja belum bisa.

Belum mau menyerah, selanjutnya saya cari solusi di Google dan menemukan viedo ini:



Pada video tresebut, saya disarankan untuk meniup lubang didekat kipas pendingin (Cooling Fan).

Saya coba hidupkan lagi, masih saja belum bisa.

Kemudian saya coba periksa kipas pendinginnya.

Ternyta kipasnya tidak mau bergerak kerena banyak debu.

Lalu saya bersihkan sampai kipas tersebut bisa bergerak dengan lancar.

Akhirnya laptop bisa hidup kembali. 😊